YOUNG EXCHANGE "BRIDGE BETWEEN EUROPE AND ASIA CALLED SYNERGY" IN POLAND




Delapan negara Asia dan Eropa bertemu dalam pelatihan kewirausahaan yang bertajuk "Bridge between Europe and Asia Called Synergy" di Polandia. Delapan negara tersebut diantaranya China, Indonesia, Kyrgyzstan, Kazakhstan, Turkey, Slovenia, Polandia dan Lithuania. Kegiatan ini berlangsung pada 9 September - 17 September 2018 tepatnya di Brenna. Pelatihan ini merupakan kelanjutan dari projek yang telah dilaksanakan di Turki, dimana rangkaian projek ini dimotori oleh Fundacja Europejski Instytut Outsourcingu - Polandia. 

Act Global Indonesia sebagai partner dalam projek ini mengirim enam orang perwakilan yang terdiri atas wirausaha muda dan mahasiswa. Pelatihan yang dihadiri oleh 48 orang ini bertujuan untuk membuka peluang bagi wirausaha muda Asia dan Eropa serta menenerapkan teknologi dalam tim multikultur.

Berbagai kegiatan non formal learning dilakukan selama pelatihan seperti, character building, team building, group dynamic, dan sharing experience. Kegiatan tersebut mampu menumbuhkan kreatifitas dan rasa ingintahuan peserta yang tinggi terhadap materi yang disampaikan. Proses belajar dikemas dengan beragam aktivitas seperti permainan, diskusi, presentasi, dan mobilitas baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Peserta berasal dari latar belakang yang berbeda sehingga membuat dinamika yang saling melengkapi selama pelatihan. Peserta yang datang disambut tim Turki di bandara dan langsung menuju Izmit sebuah kota yang terletak di bagian Barat Laut Turki. Hotel Altinnal dipilih sebagai tempat berlangsungnya pelatihan selama di Izmit 29 April - 4 Mei 2018.

Peserta mendapat kesempatan mengikuti program hunting city dalam kelompok selama beberapa jam. Selama aktivitas tersebut berlangsung, peserta mendapat wawasan dan pengetahuan mengenai Turki khususnya kota Izmit. Mendapat beberapa tugas selama hunting city, membuat mereka semakin antusias menjelajah pusat kota adminitrasi Kocaeli tersebut. Salah satu tugas yang diberikan ialah mereka harus mengetahui dan mencoba beberapa kuliner khas Turki dan sejarah perkembangan beberapa tempat di Turki dari orang lokal.

Program pertukaran budaya juga  diselenggarakan setelah makan malam pada hari kedua. Masing-masing perwakillan negara melakukan promosi tentang negaranya dalam waktu kurang dari lima menit. Setiap perwakilan negara menampilkan cara yang berbeda dalam promosi, ada yang melalui tarian, drama  dan sebagainya.

Setiap perwakilan negara berbagi informasi mengenai kondisi kewirausahaan di negaranya. Dilanjutkan dengan sesi diskusi tentang peran stakeholder dalam perkembangan kewirausahaan dan figur wirausaha sukses di masing-masing negara.






















Posting Komentar